Selasa, 15 Maret 2011

Cara bisnis online yang benar dan terarah


Bisnis online adalah sebuah cara mendapatkan uang dari internet. Bisnis online memang menjanjikan. Anda tidak perlu punya modal besar untuk memulai bisnis online. Anda tidak perlu sewa ruko sebagai tempat memajang produk, bahkan anda tidak perlu pula keluar rumah untuk menjajakan dagangan anda secara online. Yang anda butuhkan adalah cara bisnis online yang benar dan terarah dan kemudian segeralah memulai bisnis online

Ada banyak cara bisnis online di interneti. Seperti halnya di dunia offline anda memerlukan sebuah toko, showroom, bengkel sebagai tempat usaha anda. Begitupun di dunia internet anda memerlukan sebuah ruko, untuk tempat anda memajang produk atau menawarkan jasa anda di internet. Showroom atau ruko di internet itulah yang kita namakan sebuah website atau blog.

Anda bisa saja berbisnis online atau bisnis di internet tanpa harus memiliki blog atau website, misalnya jualan barang melalui facebook anda,  atau menyewa ruang untuk memajang jualan anda di situs orang lain,  namun untuk jangka panjang akan jauh lebih baik memiliki sebuah website atau blog sendiri. Disini saya batasi hanya pada blog, karena mengelola sebuah blog jauh lebih mudah dari website.

Cara memulai bisnis online yang benar dengan blog sendiri.


1. Miliki akun email di google.

Kenapa anda harus membuat akun email di google. Untuk membuat blog dengan  blogger.com. atau blog dengan nama ......blogspot.com anda harus memiliki akun gmail. Tidak sulit membuat akun gmail. Kalau anda sudah sering membuka internet dan sudah pula memiliki akun facebook artinya anda sudah familiar dengan akun email. Karena untuk memiliki akun facebook anda harus juga memiliki akun email.

Namun bila anda belum memiliki akun gmail. Berikut ini cara membuat akun email di gmail.

Buka google atau yang beralamat di http://www.google.co.id/. Anda klik Tulisan Gmail berwarna biru yang ada di layar komputer anda, Lalu klik tombol buat akun. Selanjutnya ikuti panduan seterusnya. Bila anda tidak bisa bahasa inggris anda tidak usah hawatir karena panduan membuat email di google juga bisa dalam bahasa Indonesia.

2. Apa yang mau anda jual di internet.

Apa yang mendasari anda ingin mengetahui cara bisnis online. Anda ingin jualan sepatu, baju, mobil, alat-alat rumah tangga, ataukah layanan apapun secara online, hampir semua bisnis di dunia nyata dapat anda lakukan di dunia online.

Menjual produk dan layanan di internet tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, artinya anda dapat memasarkan produk dan layanan anda untuk siapapun yang ada di bumi ini, dan anda bisa menjual produk anda 24 jam  sehari, tujuh hari seminggu, 360 hari setahun non stop.

3. Pilih nama domain dan tentukan tema dan  judul blog.

Apa itu nama domain. Nama domain adalah alamat toko anda di internet seperti http://www.tokosepatu.com.
Anda dapat memilih nama domain dan mendaftarkannya di internet. Untuk memilih dan mendaftarkan nama domain anda dapat mengunjungi penyedia layanan pembelian nama domain yang banyak tersedia di Indonesia ini. Tapi ingat yang anda butuhkan adalah nama domain untuk blogspot.

4. kunjungi www.blogger.com untuk mulai membuat blog.

Setelah anda memiliki nama domain untuk blogspot dan mendaftarkannya di penyedia layanan pembelian nama domain, selanjutnya kunjungi alamat www.blogger.com. Pilih language dalam bahasa Indonesia.

Klik kata "buat blog". lalu ikuti panduan selanjutnya. Detail cara membuat blog silahkan klik cara membuat blog blogspot disertai panduan bergambar.

5. Mengisi blog dengan tulisan dan gambar.

Setelah anda memiliki blog tugas anda selanjutnya adalah mengisi blog anda dengan gambar produk anda dan menulis apapun yang berhubungan dengan produk dan layanan anda, atau apapun yang sesuai dengan tema blog anda.

6. Anda sudah memulai bisnis online dengan cara yang benar.

Selanjutnya anda tinggal mencari informasi sebanyak mungkin tentang cara mengelola blog untuk bisnis online anda.

Untuk mendapatkan informasi tentang cara mengelola blog dengan benar silahkan anda klik situs cara memulai bisnis online.

Anda perlu bersabar, karena bisnis online bukan semata pekerjaan memiliki blog lalu dengan mudah segera mendapatkan uang. Anda perlu banyak belajar dan mencari sebanyak mungkin informasi tentang seluk beluk bisnis online.

Dan yakinlah seiring dengan pertambahan usia blog anda dan dengan keseriusan anda mengelolanya dengan baik dan terarah anda akan dapat mencapai kesuksesan mendapatkan uang dari dari bisnis online.