Cara agar blog tidak lambat loading

Anda perlu mengetahui cara benar memasang gambar agar blog tidak lambat loading.  Memasang gambar dalam artikel di blog atau di homepage selain dapat memperindah penampilan blog juga gambar dapat memperlambat loading blog anda, terlebih lagi bila anda terlalu banyak memasang gambar di homepage atau dalam artikel anda.

Anda harus mempertimbangkan kecepatan loading halaman blog bisnis online anda, disamping agar pengunjung tidak merasa kelamaan menunggu, juga dimaksudkan untuk mempertimbangkan besaran pemakaian kuota internet pengunjung yang menggunakan basis kuota untuk langganan internet.

Cara agar blog tidak lambat loading.


1. Pilihlah gambar yang sangat perlu saja.


Anda mungkin tertarik dengan banyak gambar yang sangat menarik di internet yang dapat anda gunakan di blog anda secara gratis, karena itu anda ingin memasang gambar-gambar tersebut di blog anda.

Anda harus ingat gambar-gambar bagus yang terlihat sangat tajam biasanya memiliki ukuran byte yang juga besar, ukuran byte yang besar akan berakibat menambah berat blog anda sehingga akan lambat loading.

Anda harus gunakan gambar yang sangat penting saja, seperti sebuah gambar profile anda yang paling menarik, dsb.

2. Gunakan gambar dengan ukuran byte sekecil mungkin.


Bila anda membuat blog toko online, anda pasti akan  memasang banyak gambar di homepage atau halaman artikel di blog anda.

Anda harus memastikan bahwa anda menggunakan gambar dengan byte terkecil, katakanlah misalnya di halaman home page anda menempatkan 20 buah gambar, dan setiap gambar memiliki ukuran 100 kb, artinya anda membebani blog anda dengan beban 2000 kb gambar. Itu ukuran yang cukup besar untuk menjadikan blog anda lambat loading.

Solusinya anda gunakan gambar ukuran kecil. Misalnya anda mempunyai sebuah gambar baju, format gambar jpeg dengan ukuran lebar 11 cm dan panjang 21cm, resolusi 15,7 pixel/cm, berat gambar tersebut 31kb.  Gambar tersebut juga cukup berat untuk ditampilkan di homepage blog anda,  karena masih ada 19 gambar lain yang harus juga anda tampilkan di homepage blog anda.

Ukuran gambar bisa anda perkecil dengan menggunakan photoshop. Misalnya anda ganti ukuran gambar menjadi lebar 5 cm, panjang 11cm dengan resolusi 15,740 pixel/cm, dan ukuran gambar menjadi hanya 18,8 KB.

3. Buat link untuk tiap gambar yang menuju sebuah artikel di blog anda, dan tambahkan teks alt.


Gambar sekecil itu memang tidak cukup tajam untuk melihat detil gambar yang ingin anda tampilkan. Untuk itu anda buat link menuju tampilan gambar ukuran sebenarnya sebesar apapun yang anda inginkan, misalnya gambar ukuran 300KB, sehingga detil gambar terlihat jelas.

cara memasang gambar di blog bisnis
Klik untuk melihat ukuran sebenarnya
Anda buat link bertuliskan "klik untuk melihat gambar ukuran sebenarnya" yang menuju tempat penyimpanan gambar ukuran besar tersebut, seperti di album Picasa.

Membuat link pada tiap gambar berguna untuk mengarahkan pengunjung menuju halaman lain di blog anda.

Dan menambahkan teks alternatif bertujuan agar gambar yang anda tampilkan di homepage atau artikel di nilai search engine sebagai sebuah kata kunci untuk halaman tersebut. dan artinya menambah poin blog anda di search egine google.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...