Kamis, 24 Maret 2011

Cara agar template blog mendukung bisnis online


Pada awal membuat blog blogspot anda diberikan pilihan beberapa buah template blog untuk anda pilih sebagai template  blog anda yang baru. Pada dasarnya apapun template blog yang anda pilih tidak masalah, semuanya tergantung selera anda. Namun bila anda ingin memiliki tampilan blog  yang nampak lebih bagus untuk mendukung bisnis online,  anda perlu memilih template blog untuk bisnis online, baik dengan modifikasi kode HTML maupun menggunakan template  blog yang disediakan pihak ketiga.

Bagaimana cara agar template blog mendukung  bisnis online.


Memodifikasi template blog anda.


Template blog asli yang disediakan oleh blogspot.com sangat sederhana, blogger.com hanya menyediakan template blog sederhana untuk digunakan pada blog dengan mempertimbangkan manfaat dan kemudahan.

Anda dapat memodifikasi template  blog tersebut dengan mengutak-atik kode html blog anda. Anda masuk ke ke dashboard akun blogger, lalu klik rancangan, edit HTML, beri tanda centang pada tombol "ekspand widget template" lalu silahkan anda rubah atau tambah kode HTML tersebut. 
Tapi ingat, bila anda tidak familiar dengan bahasa pemrograman komputer anda sebaiknya tidak menambah atau merubah tulisan apapun yang ada pada kode HTML blog anda. Karena bila anda salah ketik, atau anda tanpa sengaja menghapus baris kode yang penting, tampilan blog anda malahan akan berantakan.

Tapi bila anda sudah cukup paham bahasa program komputer silahkan anda lakukan modifikasi semau anda. Anda bisa menambah jumlah kolom atau merubah warna background blog anda dsb.

Mendownload template blog gratis di internet


Pilihan lainnya adalah dengan mendowload template blog gratis yang banyak tersedia di internet. Anda dapat gunakan untuk mengganti template blog anda.  Anda dapat memilih banyak model template blog gratisan yang anda anggap cocok untuk blog anda. Tapi terkadang anda masih harus juga melakukan modifikasi untuk template blog gratisan tersebut.

Seringkali template  blog gratis yang anda download malah sebenarnya tidak bagus untuk blog anda, tidak jarang akan memperberat blog anda sehingga blog anda lambat loading. Tentu saja tidak bagus untuk bisnis online bila anda menggunakan template  blog yang menyebabkan blog anda lambat loading.

Belum lagi blog anda akan menampilkan link-link yang dibuat oleh pembuat template  blog tersebut dan anda tidak boleh menghapus link-link tersebut sebagai bentuk penghargaan anda terhadap pembuat template blog tersebut. Dan menghapus link-link tersebut seringkali dapat berakibat buruk terhadap tampilan blog anda, atau malahan tampilan blog anda menjadi kacau.

Anda juga masih harus melakukan modifikasi agar tampilan blog bisnis online anda akan nampak lebih mendukung isi blog anda. Seperti contoh pada blog ini, untuk menentukan gambar apa yang hendak ditampilkan saya masih harus melakukan modifiasi kode HTML blog ini. Tentu saja bila anda tidak paham bahasa program komputer anda akan mendapatkan kesulitan, dan itu artinya template seperti template blog ini tidak cocok untuk anda.

Apapun pilihan anda, apakah tetap menggunakan template blog  yang disediakan oleh blogger.com atau mendownload template  blog dari pihak lain, keduanya pilihan yang bagus dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bila anda membutuhkan template hasil modifikasi untuk mengganti template blog bisnis online,  atau anda membutuhkan  template blog blogspot untuk toko oline berharga sangat murah, anda dapat menghubungi saya melalui email: abdulmajid258@yahoo.com.