Sabtu, 30 April 2011

Any video converter sebuah video converter free (gratis) untuk membuat video pendek

Free video converter banyak tersedia di internet dan dapat anda download gratis, salah satunya adalah any video converter.

Any video converter dapat anda gunakan untuk membuat video pendek MP4 supaya bisa diputar di handphone.

Anda mungkin memiliki file video vcd di komputer anda dengan besaran hingga 500MB dalam format vcd (.dat) misalnya, dan file sebesar itu hampir tidak mungkin anda putar di handphone, lagi pula video format vcd yang biasanya berupa keping vcd yang banyak dijual tidak dapat diputar di handphone

Untuk itu anda perlu merubah format video tersebut dan memperkecil ukurannya menjadi video pendek yang bisa diputar di handhone

Any video converter sebuah software konversi video free (gratis download).


any video converter sebuah video converter gratis untuk membuat video pendekFilm video ukuran vcd (500mb) dapat anda bagi menjadi beberapa file video pendek dengan format film video yang bisa diputar di handphone. Anda dapat menggunakan any video converter untuk membuat video pendek tersebut.

Penjelasannya begini, bila ukuran file video vcd anda 500Mb, lalu anda bagi menjadi katakanlah 5 bagian berupa video pendek yang dapat diputar di handphone( video MP4),  maka masing-masing file akan berukuran lebih kurang 12MB, cukup kecil untuk dimuat di handphone anda.

Software yang anda butuhkan adalah Any video converter. Software Any video converter dapat anda download gratis di internet (silahkan klik "download any video converter" )

Cara membuat video pendek menggunakan any video converter.


Berikut ini cara bagaimana membagi video vcd (ukuran 500MB) menjadi video pendek dengan ukuran kecil (misalnya 13 MB), yang dapat diputar di handphone.

Pertama-tama saya copy paste video dari sekeping vcd ke harddisk komputer saya. Film VCD yang saya copy paste dari sekeping vcd menghasilkan sebuah file bernama avseq01.dat dengan ukuran 500MB.

Saya buka any video converter. Klik menu "file" lalu "add video file" lalu pilih file vcd yang mau dijadikan video pendek (dalam contoh saya file vcd avseq01.dat)

video yang semula ukuran 500MB dan memiliki durasi 53 menit akan saya buat menjadi video pendek durasi 10 menit (stop time: 00:10:00) dari awal video (start time: 00:00:00) detik pertama, dengan format video codec mpeg4, frame size 320X240. Ukuran 320X240 adalah ukuran yang sangat terang untuk handphone.

lihat gambar
any video converter sebuah video converter gratis untuk membuat video pendek

kemudian klik icon " convert" (lihat gambar pertama). Tunggu hingga proses konversi selesai  hingga muncul tulisan "completed" seperti gambar berikut ini :
any video converter sebuah video converter gratis untuk membuat video pendek
Hasilnya saya mendapatkan sebuah file video avseq01.mpeg4 dengan ukuran 13,8 Mb

File semula hasil copy paste dari sekeping vcd dengan durasi 53 menit dan ukuran 540MB, kini telah saya buat klipnya menggunakan any video converter menjadi sebuah file MP4 durasi 10 menit dan ukuran 13,8 MB.

Jadi saya hanya mengambil sepuluh menit dari video vcd tersebut, artinya saya bisa lanjutkan kembali merubah video vcd ukuran 500MB tersebut menjadi bagian kedua dengan durasi dan seting yang sama dengan video bagian pertama. Ulangi langkah dari awal lalu setingan "start time" rubah menjadi 00:10:00 dan "stop time" menjadi 00:20:00.

Anda dapat terus membagi video tersebut hingga akhir durasi video vcd (53 menit)

Software any video converter versi gratis ini hanya dapat membuat video pendek MP4, tidak bisa membuat video pendek 3gp. Anda dapat membeli versi berbayar agar anda bisa membuat video pendek 3gp.

Anda dapat upload video ke youtube, atau anda transfer ke handphone, sehingga file video MP4 dengan durasi 10 menit tersebut dapat anda putar di handphone.