Senin, 11 April 2011

Cara mendapatkan pagerank google untuk blog

Mendapatkan backlink sangat penting untuk menambah nilai authority blog anda. Selain dari itu jumlah backlink yang blog anda dapatkan menentukan berapa nilai Google PageRank blog anda. Sebagaimana diketahui bahwa nilai pagerank google terkait dengan seberapa populer sebuah website atau blog berdasarkan link yang masuk menuju website atau blog tersebut. Karena itu anda perlu memahami dengan jelas apa itu PageRank google dan mengetahui cara mendapatkan backlink untuk blog anda.

Bila sebuah website atau blog membuat link menuju sebuah website atau blog lainnya maka hal itu akan berdampak menambah poin di google untuk pemberian peringkat pagerank website tujuan tersebut. Link masuk dari sebuah website yang memiliki nilai PageRank tinggi (misalnya PageRank 3 keatas) akan lebih baik nilainya dari pada link dari website yang memiliki pagerank yang rendah (misalnya PagerRank 1).  Tetapi link masuk yang berasal dari website yang sejenis dan memiliki PR tinggi akan berdampak paling bagus untuk situs web atau blog anda.

Cara mendapatkan PageRank google untuk blog.


1. Melakukan pertukaran link dengan website atau blog lain.


Tukar menukar link dengan website atau blog lain adalah cara yang sangat populer dilakukan oleh kebanyakan blogger untuk meningkatkan nilai PageRank blog. Akan lebih baik bila anda melakukan tukar menukar link dengan website atau blog sejenis dengan anda, dan memiliki PR yang lebih tinggi dari blog atau website anda. Anda dapat memasang link menuju website lain dan link anda akan dipasang di website orang lain, tapi cara ini tidak lagi baik. Cara tukar link yang paling bagus adalah dengan menempatkan link dalam artikel, karena ia akan memberikan dampak yang signifikan.

Untuk tujuan mendapatkan poin lebih di search engine google sebaiknya anda meminta website yang memasang link menuju website anda menggunakan teks link dari kata kunci utama blog anda.

2. Memberi komentar di situs web atau blog yang memiliki PagerRank diatas blog anda.


Cara lain yang populer untuk mendapatkan backlink menuju blog atau website anda adalah dengan banyak memberikan komentar di blog atau website lain. Anda gunakan kata kunci utama blog atau website anda sebagai teks link yang anda gunakan pada komentar yang anda berikan. Tapi perlu anda ketahui tidak semua website atau blog menyediakan form komentar yang juga memberikan link masuk (backlink) untuk anda.

Biasanya website atau blog yang memiliki PageRank tinggi akan membuat format link nofollow, yang akan menjadikan link yang terpasang di setiap komentar tidak akan ditelusuri oleh search engine google, artinya link yang anda pasang tidak berdampak meningkatkan poin untuk peringkat PageRank blog anda. Untuk itu anda perlu mengetahui apakah link di komentar situs yang anda kunjungi berjenis nofollow atau dofollow.

3. Menulis artikel original yang sangat informatif dan bernilai.


Bila pengunjung menemukan artikel yang sangat bernilai di blog anda boleh jadi pengunjung tersebut akan tertarik untuk juga menerbitkan artikel tersebut di blog mereka, dan untuk itu sebagai penghargaan atas artikel yag anda tulis mereka akan memasang link menuju blog anda, sebagai sumber pertama artikel yang mereka terbitkan.

Anda juga dapat menawarkan kepada pengunjung untuk menerbitkan artikel yang anda tulis di blog mereka, dengan memberikan persyaratan membuat link dofollow menuju blog anda. Menulis artikel original dan informatif juga akan lebih memberikan nilai plus untuk blog anda di mata google dan pengunjung blog anda.

Namun bila blog atau website anda tidak memiliki pagerank atau memiliki PageRank 0 anda tidak perlu berkecil hati, karena nilai PageRank yang tinggi tidak selalu diartikan sebagai sebuah website atau blog itu juga berkualitas tinggi. Kualitas sebuah blog juga dapat diukur oleh banyak ukuran lainnya seperti peringkat halaman hasil pencarian di search engine google dll.

Boleh jadi blog anda yang memiliki PageRank tinggi hanya akan mendatangkan banyak kunjungan dari pengunjung pengejar backlink, bukan dari pengunjung yang anda targetkan. Yang paling penting adalah menampilkan artikel anda di halaman pertama search engine seperti google, dan untuk menampilkan artikel anda di halaman pertama search engine google nilai pagerank hanyalah salah satu dari banyak faktor yang menentukan.