Cara mengubah format video 3gp menjadi video vcd

Mengubah format video 3gp menjadi video vcd.


Untuk mengubah format video 3gp menjadi video vcd  yang anda butuhkan hanyalah sebuah software. Ada banyak software untuk mengubah format video yang dapat anda download gratis, dan pada artikel ini saya kembali menggunakan software xmedia recode.Bila anda belum punya software ini silahkan unduh xmedia recode.

Tapi perlu anda ketahui umumnya video 3gp memiliki kwalitas yang lebih rendah dari video vcd, seperti video VCD original yang banyak dijual di toko.

Kemudian mengubah format video menjadi format apapun tidak bisa meningkatkan kwalitas video tersebut. Karena film DVD memiliki kwalitas yang lebih baik dari film VCD, atau film video 3gp, lalu anda berfikir bila film VCD atau 3gp tersebut anda rubah formatnya menjadi format film DVD anda akan menghasilkan sebuah film dengan gambar yang berkwalitas lebih baik, anda salah.

Mengubah format sebuah film video hanya menjadikan film video tersebut bisa diputar di media yang kompatibel, tidak memperbaiki kwalitas gambar video tersebut.
Jadi bila anda hendak menjadikan film video 3gp yang ada di handphone anda menjadi format yang dapat diputar di komputer atau VCD atau DVD player anda, karena VCD atau DVD player yang anda miliki tidak bisa memutar video 3gp barulah anda perlu merubah format video 3gp tersebut.

Berikut ini cara mengubah format video 3gp menjadi video VCD.


Buka software xmedia recode kemudian klik ikon "open file" cari lokasi film video 3gp yang hendak anda rubah formatnya, lalu klik "open".

Akan tampil gambar seperti berikut ini di layar software xmedia recode.


Dalam contoh gambar saya hendak mengubah video 3gp berjudul "video+lucu+Brimob+Gorontalo++Norman+Kamaru"

 

Selanjutnya lihat gambar diatas,  klik menu "format".
isi menu pilihan "output format"
Profile pilih "custom"
format pilih "vcd"
video codec pilih MPEG-1
Audio codec pilih MP2.

Klik untuk menandai tombol "audio/video synchronisation.
output: save to folder
Destination: ketik tempat dimana video hasil nanti akan disimpan.
contoh saya hendak menyimpan file hasil perubahan di folder C:\documents and setting\user\my documents\.

klik tombol "not overwrite"

Selanjutnya klik "video and audio" pada menu "output stream type".

Kemudian klik icon "add job" dan klik icon "encode".
Tunggu hingga proses konversi selesai.

Selanjutnya lihat video hasil konversi dari 3gp menjadi vcd.
Saya mendapatkan sebuah file hasil perubahan dari 3gp menjadi sebuah video format vcd dengan kwalitas gambar yang pecah.

Kenapa pecah ?, karena sumber video vcd tersebut adalah sebuah video 3gp dengan kwalitas hanya 320x240 pixel, video dengan ukuran pixel 320x240 pixel hanya terlihat bagus untuk ditampilkan di layar kecil semisal layar handphone.

Jadi bila anda hendak mengubah format video download dari youtube menjadi format apapun pastikan video sumber memiliki ukuran pixel yang cukup besar, misalnya video DVD asli (800x600 pixel) bila anda rubah formatnya menjadi video 3gp maka anda akan mendapatkan sebuah video 3gp yang sangat bagus.

Sebaliknya mengubah format video 3gp menjadi video DVD akan  menghasilkan video DVD berkwalitas sangat rendah.