Bisnis online, internet marketing dan bagaimana caranya

Seorang pengunjung blog bisnis online bertanya melalui email kepada saya apa itu bisnis online, internet marketing dan bagaimana caranya.  Sebuah pertanyaan mendasar yang sebenarnya adalah intisari dari kumpulan artikel dalam blog ini, dan juga dalam blog bisnis online orang lain.  Pertanyaan yang mendasar seperti itu akan saya jawab secara dasar pula di artikel ini.

Bisnis online, internet marketing, bisnis di internet, ada juga yang menyebutnya bisnis internet, dan lain-lain.  Apapun sebutannya bisnis online adalah bisnis atau aktifitas yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan dari kegiatan yang menggunakan komputer atau alat elektronik lainnya yang terhubung ke jaringan internet.  Intinya apapun kegiatan yang menggunakan sambungan internet yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan itu bisa dinamakan bisnis online.

Bagaimana cara mencari uang di internet dengan bisnis online.


Ada banyak cara mencari uang melalui internet.  Di dunia nyata, cara mencari uang bisa dengan menjual barang atau jasa.  Semua barang bisa dijual, dan hampir tidak ada batasan jenis barang yang  bisa dijual di dunia nyata.  Kita bisa menjual seikat kangkung, kaos kaki, handphone, motor, mobil, hingga pesawat terbang.  Demikian juga dengan jualan jasa, hampir semua jasa bisa dijual.  Kita bisa jual jasa reparasi barang elektronik, jasa pemotong rambut, jasa pengiriman barang, hingga jasa penggali lubang.  Bagaimana dengan di internet. Hampir semua jenis barang yang bisa dijual di dunia nyata bisa pula kita jual di internet.

Lalu apa yang diperlukan untuk jualan di internet.  Sama seperti di kampung anda, di kota anda, di negara anda.  Kita perlu tempat memajang barang yang hendak dijual agar terlihat oleh orang lain.  Tempat tersebut bisa kita sebut warung, toko kelontong, mini market, super market dll.

Begitu juga di internet kita perlu tempat memajang barang jualan agar terlihat pengunjung internet.  Tempat di internet tersebut kita namakan blog, atau website, atau situs web, atau webblog.  Baik blog atau website milik kita sendiri ataupun milik orang lain.  Tentu untuk memajang barang dagangan di website atau blog milik orang lain, kita mungkin akan dikenakan biaya tertentu.  Solusinya adalah membuat blog atau website sendiri. Dan ada banyak artikel di blog ini yang bisa menjadi panduan untuk membuat blog dan mengelolanya. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...