Jumat, 01 Juli 2011

Menganalisa pengunjung blog Menggunakan google analytics

menggunakan google analytics untuk menganalisa pengunjung blog
Ada jutaan website yang online di internet, dan pelacakan bagaimana orang datang ke situs kita dan apa yang mereka baca, apa yang mereka klik adalah suatu keharusan untuk menjadikan blog kita kompetitif di pasar online.

Google Analytics mempermudah kita yang mengelola blog atau website untuk melacak dan menganalisis data kunjungan. tool ini, bisa digunakan gratis dan dapat menjawab berbagai pertanyaan untuk berbagai kegunaan.  Apa kata kunci yang diketik pengunjung di google yang membawa pengunjung mendatangi blog atau website kita?, lalu dari mana pengunjung berasal, berapa lama mereka berada di blog kita dll.

Bagaimana cara menggunakan google analytics.


Menambahkan kode tertentu dari google analytics di html blog.

Terlebih dahulu kita harus membuat akun di google analytics.  Membuat akun di google analytics sangat mudah, kunjungi http://google.com/analytics.  Setelah kita membuat account Google Analytics, kita perlu untuk memasang kode yang disediakan google analytics di html blog kita.

Untuk kita yang menggunakan sistem manajemen konten atau platform blogging Blogger, kita hanya perlu menambahkan kode sekali saja di HTML blog.

Salin kode JavaScript dari Analytics dan paste tepat di bawah kode <head> HTML blog kita. Menambahkan kode ini tidak akan mempengaruhi tampilan situs kita.

Apa yang dapat kita lacak.

Setelah kita menghubungkan blog kita ke Google Analytics, tekan "Lihat Laporan" pada layar awal. Ini akan membawa kita ke dashboard utama. Pada kolom kiri, kita akan melihat berbagai jenis data Google Analytics yang menyediakan data:
Pengunjung:  Hal ini menunjukkan banyak hal tentang orang yang datang ke blog kita, termasuk dari mana mereka berasal secara geografis, bahasa apa yang mereka gunakan dalam komunikasi, seberapa sering mereka mengunjungi blog kita dan apa yang komputer dan browser yang mereka gunakan untuk sampai ke blog kita. 
Sumber kunjungan:  Di sini kita akan menemukan bagaimana orang sampai ke blog kita.  Kita bisa melacak situs mana yang link ke halaman blog kita yang dari situs tersebut pengunjung berasal atau kata kunci pencarian yang diketik di search engine yang membawa pengunjung ke blog kita. 
Isi: Tab ini memberikan wawasan halaman tertentu di situs blog kita. Ini dapat membantu menjawab pertanyaan tentang bagaimana orang-orang masuk dan keluar halaman blog kita, serta mana yang paling populer.
Tujuan: Jika kita bermaksud untuk melacak tujuan kunjungan orang ke blog kita, laporan di tab Tujuan akan membantu kita mengetahuinya.  Di sini kita akan menemukan data tentang tindakan yang diinginkan dari pengunjung, termasuk download, pendaftaran dan pembelian.
E-commerce:  Kita hanya perlu tab ini jika kita menjual barang di blog kita termasuk transaksi dan informasi aktivitas pendapatan.



Tab-tab ini berisi subreports yang memberikan wawasan tentang aspek-aspek tertentu dari situs blog kita, termasuk konten terpopuler dan loyalitas pengunjung.

Informasi pelacakan yang kita pilih tergantung pada apa tujuan pelacakan kita lakukan.  Melacak kata kunci populer yang paling banyak mendatangkan kunjungan ke blog kita dapat membantu konten blog kita untuk mendapatkan peringkat tinggi di halaman hasil pencarian search engine, ketika kita mengetahui produk yang terbaik dapat menginspirasi kita untuk mengkonversi blog bisnis online kita agar mendapatkan peringkat teratas untuk artikel yang terkait produk teretentu.  Dengan Google Analytics, kita bisa mengetahui semua itu dengan cara yang mudah dan sederhana.

Setting dashboard google analytics.

Pada dashboard utama, kita akan melihat ringkasan data blog kita.  Kita dapat menyesuaikan dashboard untuk menunjukkan bagaimana laporan blog kita terlihat.  Cukup klik pada jenis laporan yang ingin melihat dari kolom kiri dan tekan "Tambah ke Dashboard." kita kemudian dapat posisi laporan di dashboard dengan seret klik dan drop, atau menghapus yang tidak kita inginkan.  Kita dapat mempelajari lebih dalam suatu kumpulan data dengan mengklik "Lihat Laporan" di bawah laporan grafis pada dashboard google analytics kita.  Hal ini membawa kita ke laporan lengkap tentang topik tersebut.

Ada banyak lagi yang dapat informasi yang bisa didapat dari google analytics.  Karena itu ketimbang hanya membaca artikel ini sebaiknya anda langsung saja gunakan google analytics, dan pelajari perlahan-lahan laporan google analytics tentang trafik kunjungan ke blog anda.  Sehingga nantinya laporan google analytics bisa menjadi pertimbangan anda untuk melakukan optimasi blog anda terkait dengan pencapaian tujuan blogging yang anda lakukan.

Widget lain yang bisa anda gunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung dan sumber dari mana pengunjung berasal adalah histats.com. Tentang widget histats.com silahkan klik http://www.carabisnisonline.net/2011/06/cara-mengetahui-jumlah-pengunjung-blog.html.