Agar artikel enak dibaca dan tidak melelahkan mata

Membaca artikel di blog kalau kelamaan akan melelahkan mata, apalagi bila tampilan teks yang untuk membacanya kita harus banyak menggerakkan bola mata, menelusuri teks dari sisi paling kiri hingga tepi paling kanan.  Karena itu agar artikel enak dibaca postingan ini mudah-mudahan bisa menjadi masukan.

Bagaimana agar artikel enak dibaca dan tidak melelahkan mata.


agar artikel enak dibaca dan tidak melelahkan mata
Lebih baik menampilkan tulisan artikel dengan lebar yang tidak terlalu memaksa bola mata bergerak kekiri dan kanan terlalu jauh, apalagi kalau sampai bahkan harus menggerakkan kepala.  Lebar suduk pandang mata kita memang terbatas.  Menurut saya, ukuran  lebar area pandang mata saya hanya 5 CM.  Jadi dalam area melebar dalam   radius 5 cm saya sama sekali tidak perlu menggerakkan bola mata saya untuk membaca teks dari sisi kiri hingga sisi paling kanan.

Dengan tidak banyak menggerakkan bola mata membaca artikel panjang akan tidak terlalu membebani otot mata.  Membacapun menjadi menyenangkan.

Jadi sebaiknya buatlah tampilan teks artikel anda tidak terlalu melebar.  Tentu saja membuat area teks artikel di wilayah yang tidak lebar ( misalnya 5 cm) akan menjadikan artikel kita menjadi tampil sangat memanjang.

Jadi saya dan anda pastilah tidak akan menjadikan area teks sesempit itu.  Namun, kalaupun harus melebar tidak sampai melebihi lebar 15 CM, agar masih dalam area lebar yang cukup nyaman di mata.  Untuk pengukuran tersebut anda bisa gunakan mistar dan tempelkan di layar komputer anda.

Selain menampilkan teks di area yang tidak terlalu lebar kita juga harus menggunakan teks dengan ukuran yang cukup besar.  Artikel di blog bisnis online saya ini tampil dengan font segoe UI ukuran 14, cukup besar untuk ukuran mata yang mulai berkurang kemampuan melihatnya.  Pewarnaan teks pun harus diperhatikan, khususnya kombinasi antara teks dan background.  Jangan sampai tampilannya menyilaukan atau malah tidak jelas terlihat.  Karena itu warnai dengan warna yang pekat misalnya hitam pekat, merah pekat diatas background putih, dsb.

Adapun tampilan artikel di blog yang cukup ideal menurut mata saya adalah: ukuran font 13 (relatif tergantung nama hurup), teks hitam pekat diatas background putih cenderung kuning gading, lebar area teks 12 CM, tinggi area teks setinggi layar komputer anda.

Bagaimana tampilan yang ideal menurut anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...