Cara jualan online agar produk cepat laku

Mengingat ada banyak kekurangan jualan online maka kita perlu mengetahui cara jualan online yang benar agar lebih meyakinkan calon pembeli.  Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu kekurangan jualan online adalah kita hanya bisa memperlihatkan tampilan gambar produk, tidak seperti jualan offline seperti di toko atau mall dimana konsumen bisa melihat produk secara nyata, dan mencobanya langsung untuk merasakan halus atau kasarnya bahan pembuatan produk.

Dan kebanyakan gambar produk yang dipajang di toko online hanya menampilkan gambar terlihat dari beberapa sisi tampilan saja.  Katakanlah misalnya produk sepatu kulit, gambar yang tampil seringkali hanya memperlihatkan view produk tampilan samping kiri dan/atau kanan, tanpa memperlihatkan tampilan dilihat dari belakang, dilihat dari depan, dilihat dari atas apalagi dari bawah.

Ada sebuah contoh kasus yang benar-benar saya alami.  Saya baru saja menyelesaikan pembuatan blog toko fashion online yang diantaranya menjual sepatu buatan Bandung.  Gambar di blog dan buku katalog produk yang saya perlihatkan kepada konsumen menampilkan gambar sebuah sepatu berbahan leather-rubber, gambar memperlihatkan tampilan samping bagian kiri dan samping bagian kanan.  Tampilan terlihat samping sangat menarik, karena itu seorang konsumen yang kebetulan tetangga saya sendiri tertarik ingin beli sepasang.

Lalu saya pesan barang yang diinginkan konsumen, besoknya pesanan dari Bandung tiba di alamat saya.  Celakanya pada bagian luar belakang ada detil desain sepatu yang benar-benar tidak disukai sang konsumen, yang tidak terlihat di gambar yang ada di buku katalog maupun di blog toko fashion saya.  Bukan itu saja, bahan leather-rubber yang dimaksud adalah bahan kulit tipis, tidak seperti yang saya dan juga sang konsumen perkirakan yaitu kulit tebal

Ia meminta ditukar dengan produk sejenis dengan detil desain dan ketebalan bahan kulit tepat seperti yang ia inginkan.  Beruntung sepatu tersebut bisa ditukar dengan produk berbahan yang sama dengan bahan kulit sedikit lebih tebal.  Namun keuntungan saya harus terpangkas karena menanggung dua kali biaya pengiriman. Kejadian tersebut memberikan ide kepada saya untuk menuliskan tips jualan online.

Cara jualan online.

1. Tampikan gambar produk jualan online dilihat dari segala sisi.


Memang akan memberatkan loading situs bila harus menampilkan banyak gambar, namun bisa disiasati dengan tidak langsung menampilkan gambar di halaman deskripsi produk melainkan hanya membuat link,  misalnya link "terlihat samping" yang link tersebut menuju file gambar ukuran besar.  Silahkan baca cara memasang gambar di blog agar tidak lambat loading.

Dan sangat penting menampilkan gambar yang sangat tajam, sehingga detil produk terlihat lebih nyata  Karena itu sebaiknya produk dipotret menggunakan kamera professional  misalnya kamera digital merek ternama dengan kualitas gambar nampak realistis.

2. Beri deskripsi selengkap mungkin tentang produk yang dijual online.


Ini dimaksudkan agar konsumen mendapatkan gambaran yang jelas tentang produk yang akan dibeli. Deskripsi meliputi bahan dasar produk, fitur-fitur produk, ketebalan bahan produk, panjang, lebar, dsb pokoknya sedetil mungkin.

Untuk jualan dengan katalog produk, kita bisa menyertakan contoh bahan produk.  Misalnya selembar kulit bahan sepatu ukuran 2x3 cm atau sepotong kecil kain bahan pembuatan pakaian, dsb.

3. Beri garansi untuk produk jualan online.


Garansi memberikan rasa aman, nyaman kepada konsumen.  Bisa berupa ganti produk yang rusak dalam jangka waktu tertentu, produk yang tidak sesuai dengan keinginan bisa ditukar, atau bahkan pembelian bisa dibatalkan dan uang pembayaran dikembalikan kepada konsumen, tentu saja setelah produk dikembalikan dalam kondisi baik.

Demikianlah tips cara jualan online.