Langkah-langkah cara membuat website


Anda yang ingin membuat website sebaiknya membaca langkah-langkah cara membuat website yang saya tulis di artikel ini. Ada 7 langkah yang harus pemula pertimbangkan untuk memulai membuat website. Meskipun saya banyak menulis bahwa membuat blog gratisan seperti blog blogspot dan blog wordpress.com itu lebih mudah dan hanya membutuhkan sedikit biaya, namun kebanyakan pebisnis online yang sudah lama terjun umumnya memiliki website atau blog berbayar.  Karena ia website atau blog berbayar tentu saja ia memiliki kelebihan yang tidak dimiliki blog gratis.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat website.

1.  Beli nama Domain.


Nama domain adalah alamat website anda di internet yang berupa kata atau beberapa kata yang diapit oleh www... com/net/info, dan lain-lain.  Misalnya nama domain situs bisnis online saya ini www.carabisnisonline.net.

Anda tidak membutuhkan nama domain kalau anda membuat blog blogspot atau blog wordpress.com.
Namun untuk jangka panjang dan langkah strategis membuat website maka memiliki nama domain itu pilihan terbaik. Sebuah nama domain memberikan branding ekstra untuk web kita dan membuat lebih mudah bagi orang untuk mengingat URL kita. Tapi nama domain memerlukan biaya, biasanya antara Rp.80.000,- dan Rp.350.000,- setahun. Jadi setiap tahun anda harus memperpanjang hak pakai nama domain anda.

Anda sebaiknya tidak asal pilih nama domain. Pilih nama domain satu kata, 2 kata atau maksimal 3 kata. Nama domain yang anda pilih hendaklah sesuai dengan bisnis atau perusahaan anda. Silahkan klik cara memilih nama domain. Anda bisa beli dan daftar nama domain di penyedia jasa hosting.

2.  Pilih jasa Hosting.


Hosting adalah tempat kita meletakkan webiste dan semua halaman yang ada di website. Setelah kita merancang web kita di komputer pribadi maka untuk membuat website kita onlin agar dilihat banyak orang di internet maka kita perlu membuat website yang sudah dirancang online. Untuk itu anda membutuhkan jasa hosting.

Ada 2  Web hosting yang dapat kita pilih:
Hosting gratis dan Hosting web berbayar.

Anda boleh memilih jasa hosting gratis yang banyak bertebaran di internet, namun karena ia gratis maka sudah tentu tidak akan lebih baik dari hosting berbayar. Jadi saya menyarankan anda pilih jasa hosting berbayar. Ada banyak kekurangan hosting gratis seperti batasan space atau ruang untuk menaruh file dan semua isi website kita, batasan bandwidth, dsb. Namun jika anda membuat website hanya untuk keperluan pribadi anda boleh pilih hosting gratis, atau anda cukup buat blog blogspot, dan anda tidak butuh jasa hosting.

Ada bayak web hosting yang tersedia di Indonesia dengan biaya hosting perbulan mulai dari RP.15.000,-.

 3.  Rancang Website.


Kalau anda tidak mengetahui cara membuat website dari awal anda bisa langsung mencari template website gratis. Di internet banyak tersedia template website gratis, hanya harus anda sesuaikan dengan flatform website anda. Misalnya yang paling populer adalah flatform website wordpress.org. Untuk membuat website wordpress.org anda bisa menemukan banyak template gratis. Anda bisa pula mengubah tampilan template web anda sesuai keinginan.

Anda harus sesuaikan tampilan web anda sesuai dengan tentang apa isi website anda. Misalnya website anda untuk memajang gambar produk jualan online maka anda sebaiknya pilih template yang cocok untuk jualan online. Sebaliknya kalau hanya untuk memajang tulisan anda ada banyak sekali template gratis yang bisa anda pilih.

4.  Buat Situs Web halaman demi halaman.


Kalau anda membuat website atau blog berbayar menggunakan wordpress.org anda tidak harus terlalu kesulitan menulis dan memasukkan gambar di website anda. Apalagi kalau anda sudah terbiasa membuat blog gratis wordpress.com akan lebih mudah lagi karena cara menulis dan memasukkan gambar tidak berbeda jauh.

Akan lebih menguntungkan sekali kalau anda sudah cukup punya pengetahuan tentang bahasa program komputer semisal HTML., CSS, PHP, java dll. Karena membuat website dan mengelolanya seringkali menuntut kita harus melakukan sedikit modifikasi tampilan web atau tampilan tulisan kita maka mengetahui sedikit bahasa program komputer seperti diatas akan sangat membantu.

5.  Publikasikan Website agar online.


Kita dapat melakukannya dengan tool-tool yang ada pada layanan hosting atau dengan klien FTP. Hubungi layanan web hosting yang kita pilih jika tidak yakin dan butuh penjelasan rinci.

6.  Promosikan Website agar terlihat oleh banyak orang.


Cara termudah untuk mempromosikan website adalah melalui pengoptimalan website kita agar ramah mesin pencari atau SEO. Anda harus mempelajari bagaimana menulis artikel di situs anda agar sesuai standar penulisan yang google friendly.  Terus menerus memperbarui/tambahi konten web kita akan Memperbaiki peringkatnya membaik di mesin pencari. Hal ini mungkin sangat sulit, tetapi itu adalah cara termurah dan dapat menghasilkan hasil yang baik jika kita tekun melakukannya.

Cara lain untuk mempromosikan situs meliputi: info dari mulut ke mulut, email, dan iklan. Kita harus menyertakan URL kita pada semua korespondensi profesional. Kita dapat meletakkan URL kita di signature email kita beserta alamat email kita. Atau kalau anda punya akun facebook anda bisa menuliskan alamat website anda di update status facebook anda.

7.  Rawat Website agar selalu online dan sehat.


Merawat website adalah bagian yang sangat penting untuk menjamin website anda selalu online dengan benar dan tampil selalu baik di internet. Pemeliharaan ini meliputi analisa kesehatan webiste anda, melihat apakah ada error yang terjadi pada website anda. Bila anda menemukan error atau sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada website anda maka segera lakukan perbaikan.

Jadi mungkin pemeliharaan website ini akan membosankan namun ini bagian yang sangat penting untuk menjamin website anda bisa membawa anda pada pencapaian tujuan anda membuat website. Untuk mempermudah anda merawat dan mengelola website anda sebaiknya memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola website lebih mudah.