Senin, 04 Maret 2013

Kategori artikel:

Apa dan Bagaimana Memulai Bisnis Online


Bisnis online semakin populer sebagai cara mudah bisnis di era internet sekarang ini, namun banyak yang berlebihan menilai bisnis online sebagai cara mudah mendapatkan uang dari internet.  Tidak salah kalau ia dikatakan cara mudah berbisnis modal kecil, namun benar-benar salah kalau menganggap bisnis di internet itu adalah cara mudah menghasilkan uang.

Karena salah paham ini pula menjadikan mudah sekali masyarakat awam membenarkan cerita yang beredar tentang orang-orang yang cepat menjadi kaya setelah terjun di bisnis online. Orang-orang yang terpengaruh janji cepat kaya ini akan benar-benar menjadi kecewa bila nantinya setelah terjun berbisnis online menemukan kenyataan bahwa kekayaan yang ia harapkan tak kunjung menghampiri.

Anda boleh percaya kalau saya katakan bahwa untuk mendapatkan banyak uang melalui bisnis anda di internet adalah perkara yang sangat mungkin, namun untuk mendapatkan banyak uang melalui bisnis yang anda jalani anda harus memenuhi persyaratan yang cukup sulit dan boleh jadi butuh waktu yang relatif lebih lama.

Apakah bisnis online adalah bisnis modal kecil.


Bisnis online itu identik dengan mencari uang melalui media internet dengan modal kecil. Jadi kalau anda memanfaatkan internet untuk mencari uang itu bisa dikatakan anda berbisnis online.

Ada juga yang mengatakan bisnis online itu adalah jualan barang dan jasa melalui website atau blog, itu juga benar. Jadi apapun kegiatan yang anda lakukan dengan menggunakan internet untuk tujuan mendapatkan uang, baik anda jualan barang atau jualan jasa, dan anda tidak harus bertemu muka dengan konsumen bisa dikatakan sebagai bisnis online atau jualan online.

Definisi lain yang lebih kurang sama adalah mengonlinekan bisnis anda.  Maksudnya kalau anda punya bisnis di dunia nyata (offline) misalnya anda punya toko sepatu di mall, anda bisa tawarkan sepatu yang anda jual melalui internet dengan cara memajang gambar sepatu yang anda jual di toko online, itu yang dimaksud dengan mengonlinekan bisnis anda.

Macam-macam bisnis online.


Ada banyak macam atau jenis bisnis online. Saking banyaknya saya kesulitan menuliskannya di artikel ini satu persatu. Namun pada prinsipnya sama dengan bisnis offline, ia terbagi 2 macam atau 2 jenis yaitu: Jual barang dan jual jasa.

Penjabaran dari 2 macam bisnis online ini sangat luas dan beragam. Kalau kita kumpulkan semua jenis jualan barang secara online maka artikel ini akan menjadi sangat panjang. Jadi ketimbang anda dan saya harus repot menjabarkan macam-macam bisnis online baiklah saya batasi hanya 2 macam, jualan jasa dan jualan barang.

Ada banyak barang yang bisa anda jual secara online, jumlahnya nyaris tidak terbatas. Ada banyak juga jasa yang bisa anda kerjakan secara online, jumlahnyapun nyaris tidak terbatas.  Anda bisa jualan baju, jualan elektronik, jualan mobil, jualan barang pecah belah dsb. Anda bisa juga jualan jasa penulisan skripsi, jualan jasa menjawab survey online, jualan jasa klik iklan, jualan jasa sebagai penghubung antara penjual dan pembeli.

Apapun bisnis yang anda lakukan dengan memanfaatkan internet dan tidak mengharuskan anda hadir secara fisik atau anda tidak harus bertemu muka dengan konsumen itu disebut bisnis online.

Umumnya bisnis online yang populer dilakukan orang adalah sbb:

1. Bisnis online sebagai penayang iklan
  • Penayang iklan PPC
  • Penayang iklan Banner
2. Bisnis online sebagai perantara atau affiliasi
3. Bisnis online jualan produk
  • Jualan produk pisik
  • Jual produk digital
  • Jual produk jasa

Anda bisa pilih salah satu dari beberapa pilihan diatas untuk bisnis online anda.

Bagaimana memulai bisnis online.


Memulai bisnis online itu mudah sekali. Bagian tersulit dari langkah-langkah memulai bisnis online itu adalah memulainya itu sendiri. Jadi anda tidak usah harus repot, tidak usah pula harus banyak pikir, tidak perlu banyak pertimbangan. Cara memulai bisnis online itu adalah mulailah perluas wawasan anda tentang dunia online.

Namun umumnya pebisnis online mengelompokkan langkah-langkah memulai bisnis online itu dalam beberapa langkah berikut ini.

1. Pikirkan dan pastikan apa yang mendorong anda tertarik bisnis online.


Anda barangkali tertarik memulai bisnis online karena cerita manis tentang orang-orang yang cepat mendapatkan banyak uang setelah terjun di bisnis online. Memang tidak salah bahwa ada orang yang cepat mendapatkan uang setelah terjun di bisnis online. Tapi perlu anda pahami bahwa semua kesuksesan termasuk kesuksesan mendapatkan uang dengan bisnis online menuntut anda harus menjalani proses.

Proses yang harus anda lalui bisa jadi sangat berliku, penuh tantangan, dan butuh kerja keras dan kesabaran ekstra. Dan hal-hal tersebut juga berlaku untuk bisnis offline. Tanpa menjalani proses langkah demi langkah mustahil anda sukses. Tetapi anda beruntung karena langkah-langkah untuk sukses bisnis online itu sudah sering kali dirangkum oleh banyak pebisnis online dalam bentuk tulisan di blog. Jadi anda tidak harus merabah-rabah lagi.

2. Apa yang anda mau jual secara online.


Anda telah paham benar definisi bisnis online, ada dorongan kuat pula yang menggerakkan anda untuk segera memulai bisnis online. 2 hal tersebut adalah modal dasar anda. Sekarang anda perlu pikirkan apa yang anda mau jual secara online.

Apakah anda hendak jualan barang, baik buatan (perusahaan) anda sendiri atau barang produksi orang/perusahaan lain. Anda bisa jualan produk fisik seperti jual sepatu, baju, elektronik dsb. Anda bisa pula jualan produk digital seperti jualan video, jual ebook, jual software.

Anda juga bisa menawarkan jasa anda secara online dan bisa anda kerjakan secara online pula. Anda bisa menawarkan jasa menulis artikel, jasa pembuatan website, jasa pengolahan gambar dan laian-lain.

Kalau anda tidak punya produk yang mau dijual, baik produk sendiri atau produk orang lain dan tidak pula punya keterampilan untuk melakukan sesuatu, anda bisa bisnis affiliasi. Bisnis affiliasi ini adalah bisnis online sebagai perantara. Anda menjadi perantara antara penjual dan pembeli.

Selain 3 pilihan diatas anda bisa pula bisnis online sebagai penayang iklan. Jenis iklan yang bisa anda jadikan bisnis adalah penayang iklan PPC, Penayang iklan banner,

3.  Buat blog atau website.


Apa itu blog ?. Blog merupakan bagian dari website yang menjadi media tempat anda menampilkan tulisan atau gambar produk anda agar bisa dilihat semua orang yang terhubung ke internet.  Jadi kalau anda melihat situs internet dengan alamat bisnisonline.blogspot.com maka itu adalah sebuah blog blogspot.com atau misalnya bisnisonline.websitesaya.com maka itu adalah blog websitesaya.com. Sementara blogspot.com atau websitesaya.com adalah website yang bisa memiliki banyak blog-blog lain.

Baik blog atau website bisa anda gunakan untuk media bisnis online anda.  Namun website lebih tinggi kedudukannya dari blog, website bisa pula disematkan berbagai fitur-fitur yang tidak bisa dimiliki blog. Karena itu website jauh lebih baik dipilih dari pada blog.

Kalau anda hanya mau keluar sedikit uang maka membuat blog adalah pilihan terbaik, anda pilih platform blog gratis. 2 buah platform blog gratis yang paling populer adalah blogspot.com dan wordpress.com. Saya lebih menyarankan anda agar pilih platform blog blogspot.com.

Sedangkan kalau anda mau serius membesarkan bisnis online untuk jangka panjang pilihan paling tepat adalah membuat website. Pilihan terbaik adalah website wordpress.org. Wordpress.org disebut pula platform blog hosting berbayar, tapi saya lebih suka menyebutnya website.

Untuk membuat website wordpress.org anda harus keluar uang untuk beli nama domain dan sewa hosting. Uang yang akan anda keluarkan untuk beli nama domain dan sewa hosting dimulai dari kira-kira Rp.250.000,- dengan perincian beli nama domain tahun pertama Rp.100.000, dan sewa hosting 6 bulan pertama Rp.150.000,-.

Baik blog atau website yang anda buat hendaklah tampilan atau desainnya disesuaikan dengan jenis bisnis online yang hendak lakukan.

Anda memang bisa berbisnis online melalui facebook, namun memiliki blog jauh lebih strategis ketimbang facebook. Karena blog bisa anda personalisasikan sesuai maunya anda. Jadi blog itu akan lebih anda ketimbang facebook yang pasaran. Untuk membuat blog silahkan klik cara membuat blog.

Bagaimana agar sukses bisnis online.


Tidak ada cara yang instan dan manjur agar anda sukses mendapatkan uang dari bisnis online selain menjalani proses dengan benar dan tekun. Jadi anda perlu mengetahui cara yang benar memulai bisnis online dan bagaimana agar anda selalu berada di trek yang tepat. Untuk itu anda harus terus-menerus menambah pengetahuan dan memperluas wawasan bisnis online.

Agar anda tidak menaruh harapan terlalu tinggi yang malah pada akhirnya nanti membuat anda kecewa, maka saya katakan bahwa anda yang belum punya pengalaman berbisnis online sebaiknya jangan mimpi akan mendapatkan banyak uang setelah 1 tahun berbisnis online, tidak juga menaruh harapan yang tinggi akan sukses setelah 2 tahun. Anda mungkin pernah atau akan mendengar, membaca cerita sukses pebisnis online yang mereka capai hanya dalam kurun waktu 1 tahun saja atau malah kurang dari 1 tahun.

Sukses bisnis online yang dicapai dalam 1 tahun adalah hal yang mungkin anda capai, namun untuk sukses dalam waktu yang sesingkat itu anda harus berhasil melewati beberapa tahapan pencapaian yang boleh jadi hal yang sulit bagi anda.

Artikel yang saya tulis ini tidak bermaksud mengecilkan semangat anda untuk mulai bisnis online, melainkan agar anda berpikir realistis dan tidak keburu merancang mimpi yang indah-indah, yang hanya akan membuat anda sangat kecewa setelah menemui kenyataan bahwa mimpi anda tetap hanya sebagai mimpi setelah menjalani proses bisnis online beberapa tahun.