Cara mendapatkan uang melalui google adsense

Mendapatkan uang dari google adsense itu memang membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk blog yang tidak ramai pengunjung. Blog yang ramai pengunjung sekalipun belum tentu pula ramai yang klik iklan adsense, apalagi bila pengunjung-pengunjung tersebut adalah mereka yang tidak ditargetkan.

Ada banyak cara menghasilkan uang dari internet selain melalui google adsense, namun demikian mendapatkan uang dari google adsense tetap lebih menarik minat kebanyakan blogger.

mendapatkan uang melalui google adsense
Terus terang ada banyak informasi yang berlebihan yang selama ini beredar di internet, yang katanya agar blog diterima google adsense maka blog tersebut harus memiliki PR minimal tertentu, memiliki jumlah kunjungan atau unik visitor minimal tertentu.  Bahkan ada juga beberapa blog yang menulis bahwa blog atau website harus minimal memiliki PR 2 dan mendapatkan kunjungan minimal 500 perhari. Mendapatkan informasi yang salah itu juga yang dahulu menjadi sebab saya malas menguangkan blog saya menggunakan google adsense.

Apalagi faktanya ada beberapa kali akun email saya ditolak, itu juga memperkuat asumsi bahwa blog saya ini tidak memenuhi syarat. Tapi ternyata syarat untuk diterima google adsense tidak sesulit itu.

Untuk bisa diterima ikut program Google Adsense blog anda harus memenuhi syarat yang sebenarnya cukup mudah untuk dipenuhi, apalagi sejak program tersebut sudah bisa diikuti oleh blog berbahasa Indonesia.

Berikut ini cara agar blog diterima google adsense:

1. Blog/website sebaiknya memiliki tema yang jelas.


Blog yang memiliki tema yang jelas akan lebih mempermudah google mengklasifikasikan blog kita. Apakah blog kita tentang panduan mendapatkan uang dari internet, apakah tentang kesehatan, atau blog kita adalah blog toko fashion dsb.

Mengapa tema yang jelas ini sangat penting ?. Iklan google adsense itu terdiri dari beragam jenis. Misalnya ada iklan tentang produk kecantikan, iklan tentang produk pakaian, produk properti dsb.

Iklan google adsense yang terpasang di blog memang disesuaikan dengan Prasa-prasa  keyword yang membawa pengunjung mendatangi blog tersebut. Namun bagaimana kalau pengujung yang datang bukan melalui sebuah kata kunci, katakanlah misalnya dengan langsung mengetikkan URL blog di google atau di address bar browser Web yang mereka gunakan, tentu saja Google akan kesulitan menentukan Iklan apa yang cocok terpasang di blog tersebut. Jadi kalau tema blog kita spesifik maka google akan lebih mudah menentukan iklan yang sesuai untuk blog kita.

Contoh: blog toko fashion saya berisi produk fashion semisal sepatu, baju, tas, sandal atau semua yang terkait dengan produk fashion maka semua iklan google adsense yang tampil pastilah tentang fashion atau sejenisnya.

Contoh lain lagi blog ini adalah tentang cara bisnis online atau tentang bagaimana mendapatkan uang dari internet karena itu semua iklan google adsense yang tampil adalah tentang mendapatkan uang secara online.

2. Isi blog sebaiknya juga relevan dengan tema utama blog.


Relevansi itu sangat penting dan semua artikel di blog anda hendaklah relevan dengan prasa kata kunci utama blog anda.

Jadi semua artikel yang ada di blog hendaklah relevan dengan tema utama blog anda. Kalau blog anda tentang panduan bisnis online tentu saja tidak relevan kalau anda menulis ulasan tentang pertandingan sepak bola.

Relevansi ini juga dimaksudkan agar blog kita mendapatkan kunjungan dari pengunjung yang paling kita targetkan.

3. Jumlah artikel (konten) yang cukup banyak.


Tidak ada patokan yang jelas berapa artikel yang harus dimiliki sebuah blog untuk bisa diterima google adsense. Hanya saja dengan jumlah artikel (konten) yang sedikit menjelaskan bahwa blog anda belum cukup umur, atau sangat jarang diisi sekaligus bisa dinilai tidak terawat. Namun demikian meskipun blog anda sudah lama tidak diisi konten yang baru, bila ia tidak kehilangan peringkat untuk kata kunci utama yang anda bidik, apalagi kalau blog anda memiliki tema spesifik, dan masih ada pengunjung walaupun sedikit tetap saja blog anda bernilai.

Contoh blog tokofashiononline.net saya sudah lebih dari 4 bulan tidak saya isi dengan konten baru, namun blog tersebut tidak jatuh peringkat untuk prasa kata kunci utamanya. Karena itu blog tersebut bisa diterima google adsense. Blog toko fashion tersebut hanya mendapatkan tidak lebih dari 30 kunjungan perhari selama 3 bulan terakhir ini.

Tetapi ada blogger yang mengaku memiliki blog yang baru berumur 1 bulan sudah bisa diterima ikut program google adsense. Tentu saja dengan umur blog yang masih begitu muda pastilah kontennya belum seberapa banyak.  Jadi menurut saya faktor relevansi yang memberi nilai lebih untuk blog berusia muda tersebut.

4. Blog harus tidak memiliki konten yang melanggar hak cipta.


Kalau blog anda berisi konten copy paste segera hapus terlebih dahulu sebelum mengajukan permohonan untuk mengikuti program google adsense. Termasuk dalam pelanggaran adalah link download yang tidak dibenarkan.  Malah dalam banyak kasus link download software yang ada dalam posting blog anda juga tidak disukai oleh google adsense,  meskipun anda tidak menerima keberatan dari pemilik software.

5. Kalau sering ditolak gunakan email yang baru untuk mendaftar.


Ini pengalaman saya sendiri. Saya belasan kali ditolak ikut daftar menggunakan email yang sama, alasan penolakan juga sama. Lalu saya ganti email baru dan menggunakan blog saya yang lain dalam pengajuan permohonan dan akhirnya diterima. Iklan Google Adsense juga bisa saya pasang di blog yang selalu ditolak tersebut.

Jadi saya ambil kesimpulan bahwa mungkin dalam database google alamat email saya tersebut termasuk email yang ditolak, jadi penolakan itu otomatis tanpa terlebih dahulu dilakukan review ulang oleh team google.

6. Patuhi kebijakan program Google Adsense.


Anda harus patuhi kebijakan program google adsense. Ada beberapa poin kebijakan yang harus anda baca, pahami dan patuhi agar akun adsense dan blog anda bisa diterima dan tidak nantinya kembali dihapus dari keikutsertaan anda dalam program tersebut.

Kesimpulan dan saran.

1. Bila permohonan anda ditolak google jangan putus asa, coba ulangi beberapa kali.
2. Bila tetap ditolak ganti email akun google adsense anda dengan yang baru.
3. Kalau blog anda yang ditolak coba perbaiki konten blog anda atau gunakan blog yang lain.
4. Milikilah blog yang bertema spesifik.
5. Patuhi kebijakan google adsense.
6. Nilai PageRank, alexa rank, jumlah pengunjung harian, jumlah pageview tidak berpengaruh.
6. Yang paling penting adalah datangkan pengujung yang paling mungkin klik iklan adsense di blog anda. Tapi jangan minta orang klik iklan anda.
7. Blog atau website yang ramai pengunjung belum tentu menerima lebih banyak klik bila pengunjung-pengunjung tersebut bukan jenis pengunjung yang tertarget.
8. Pilih tema blog/website yang ramai pencariannya.
9. Targetkan pengunjung umum (awam) bukan blogger. Biasanya blogger jarang klik iklan.

Demikianlah beberapa cara agar blog diterima google adsense dan sedikit saran. Ada banyak lagi tips lainnya, tapi agar artikel ini tidak terlalu panjang saya cukupkan dengan beberapa poin saja, lain kali saya akan posting artikel lain seputar topik google adsense.