Usaha modal Kecil yang mudah dikerjakan dan menguntungkan

Ada banyak usaha modal kecil yang mudah dikerjakan dan menguntungkan tanpa harus menyita banyak waktu luang kita. Beberapa usaha modal kecil yang saya tulis di artikel ini bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sebenarnya kendala utama bagi kebanyakan orang untuk memulai usaha itu adalah ketiadaan modal, dan merasa tidak mempunyai keahlian. Kendala lain lagi adalah tidak berani memulai usaha, baik karena alasan takut bangkrut, takut tidak berhasil, dan banyak takut lainnya.

Padahal ada banyak usaha yang tidak membutuhkan modal besar, tidak juga butuh keahlian khusus, bahkan tidak pula akan menyita banyak waktu luang kita.

Kita yang bekerja sebagai seorang karyawan masih bisa terus berstatus sebagai seorang karyawan, dan anda yang ibu rumah tangga tetap masih bisa fokus mengurus rumah tangga dan anak sembari mengelola usaha sampingan modal kecil untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut ini beberapa Jenis usaha modal kecil yang mudah dikerjakan dan menguntungkan bisa dilakukan tanpa harus punya keahlian khusus.

1. Usaha offline.


Pada awalnya semua bisnis yang dilakukan oleh usahawan itu adalah bisnis offline. Bisnis offline itu adalah bisnis yang dikerjakan tanpa harus menggunakan fasilitas yang terkoneksi dengan jaringan internet. Beberapa jenis usaha modal kecil offline yang bisa kita lakukan dengan mudah diantaranya:

1.a. Menjual makanan kecil.

Istri teman saya seorang ibu rumah tangga yang tidak punya pekerjaan lain selain mengasuh anak, setiap pagi menjajakan barang dagangannya berupa makanan kecil untuk sarapan pagi masyarakat sekitar tempat tinggal mereka.

Hanya dengan modal meja kecil dan beberapa buah mangkuk dan piring serta beberapa lembar daun pisang ia mendapatkan pemasukan yang lebih besar dari gaji teman saya yang karyawan sebuah perusahaan swasta.

Waktu yang dihabiskan untuk memajang makanan yang ia jual tidak lebih dari 3 jam dalam 1 hari dari pukul 05:30 pagi hingga pukul 08:30.

1.b. Menjual pulsa elektrik.

Ini bisnis yang pasti menguntungkan karena pulsa elektrik tidak akan rusak membusuk, tidak juga akan basi, apalagi kadaluarsa.  Meskipun pulsa elektrik jualan kita tidak laku, kita masih bisa gunakan untuk keperluan anda sehari-hari yang pastilah setidaknya sesekali butuh menelpon, atau berkirim SMS ke teman kita.

Coba kita perhatikan, semua orang berusia remaja hingga kakek-nenek nyaris semua pegang ponsel, dan setiap pemegang ponsel pasti membutuhkan pulsa mininal 10 ribu rupiah dalam sebulan, bahkan keponakan saya yang masih SMA menghabiskan pulsa hingga 70 ribu rupiah dalam 1 bulan.

Jadi kalau kita bisa menjual pulsa kepada mereka kita pasti menangguk keuntungan yang tidak sedikit.

Modal yang kita butuhkan untuk stok jualan pulsa bisa dimulai dari Rp.100.000,- , dan untuk setiap nominal pulsa yang terjual paling tidak kita akan untung Rp.1000,- hingga Rp.5000,-.

Kita nyaris tidak memerlukan modal lain selain kemauan kita berpromosi ke teman-teman sekolah kita, teman kuliah, rekan kerja, kerabat dan tetangga yang tinggal di lingkungan tempat tinggal kita.

Kalau kita punya modal lebih besar misalnya punya petak/toko/warung pinggir jalan mungkin kita bisa jualan pulsa elektrik di barengi dengan pulsa fisik dan perlengkapan HP, dsb.  Kita hanya memerlukan ruangan 2 X 2 meter untuk usaha jualan pulsa dan perlengkapan HP.

1.c. Jual jasa service atau reparasi barang elektronik.

Untuk Usaha jasa service elektronik tentu kita harus memilki keterampilan memperbaiki alat-alat elektronik yang rusak. Misalnya kita bisa memperbaiki komputer yang rusak, laptop yang bermasalah, televisi dan alat elektronik lainnya.

Kalau kita tidak punya modal banyak kita bisa buka usaha service panggilan, jadi kalau orang butuh jasa kita mereka hanya perlu menelepon kita.

1.d. Usaha modal kecil lainnya adalah Les privat.

Kalau punya keahlian dibidang tertentu misalya menguasai mata pelajaran MIPA, kita bisa menawarkan jasa les privat MIPA, atau kalau mahir komputer kita bisa membuka les privat komputer dsb. Usaha les privat ini benar-benar tidak perlu modal selain mengandalkan pengetahuan..

1.e. Usaha jasa pertukangan.

Kita bisa menawarkan jasa sebagai Tukang Cat, Tukang Profil, tukang pasang keramik dan jasa pertukangan lainnya. Kalau kita sekarang ini berstatus sebagai karyawan kita bisa tawarkan jasa tersebut dengan ketentuan bahwa kita hanya bisa kerjakan di hari minggu atau hari libur/sepulang kerja.

2. Usaha online.


Semakin hari semakin banyak orang akses internet baik melalui komputer PC, ponsel atau tablet, dan ini membuka peluang yang besar untuk mengambil manfaat dengan bisnis online.

Memulai usaha bisnis online itu hanya membutuhkan komputer yang terhubung dengan internet dan sedikit kemampuan menggunakan komputer.

Sebenarnya usaha online itu adalah pengembangan dari usaha offline. Jadi setiap usaha offline hampir semuanya bisa kita lakukan secara online. Beberapa jenis usaha online adalah:

2.a. Mengelola toko online.

Misalnya anda punya toko jualan sepatu di kota anda, sepatu yang anda jual di toko anda bisa pula anda tawarkan kepada pengakses internet dengan cara membuat toko online. Membuat toko online itu sendiri tidak sulit dan tidak akan membuat anda harus mengeluarkan banyak uang. Bahkan anda bisa memiliki toko online gratis.

Anda tidak harus stok barang untuk dijual di toko online anda. Ada banyak produsen yang menawarkan kesempatan usaha online dengan cara menjadi reseller produk mereka. Jadi anda cukup membuat toko online, lalu kemudian memajang gambar jualan anda.  Setelah ada pembeli anda meminta mitra toko online anda kirim barang pesanan pembeli. Jadi anda hanya sebagai perantara. Keuntungan yang bisa anda dapatkan cukup menggiurkan.

2.b. Usaha online dengan mengelola blog/website.

Apa itu blog ?. Blog adalah tempat anda memajang gambar, tulisan, video anda di internet. Website dalam kegunaannya tidak ada bedanya dengan blog.

Membuat blog itu mudah, gratis dan tidak butuh waktu lama. Hanya perlu waktu 5 menit anda sudah bisa memiliki blog. Blog yang anda miliki bisa anda jadikan sumber pendapatan secara online. Bagaimana menjadikan blog sebagai sebuah usaha online modal kecil yang bisa menjadi sumber pendapatan. Berikut ini cara menjadikan blog anda sebagai usaha online yang menguntungkan.
  • Menyediakan space iklan di blog.  Anda bisa pasang iklan apa saja di blog anda. Jenis iklan yang bisa anda pasang di blog bisa berupa iklan bayar per klik (iklan PPC) dan iklan bayar per jangka waktu tertentu misalnya per bulan.  Untuk iklan bayar perklik anda akan mendapatkan uang kalau iklan PPC di blog anda diklik orang. Contoh iklan PPC yang terkenal adalah Google Adsense. Sementara untuk iklan bayar pertayang/perbulan anda bisa tentukan sendiri berapa bayaran yang anda minta kepada pemasang iklan.
  • Memasang link afiliasi di blog.  Bisnis affiliasi adalah bisnis dimana anda menjadi mitra usaha orang lain yang menjual produk tertentu dan anda sebagai perantara yang menghubungkan pembeli dan penjual,  yang dalam hal ini penjual adalah mitra anda.  Anda akan mendapatkan bayaran kalau orang membeli produk kepada mitra anda melalui informasi yang anda sajikan di blog anda.  Jadi anda promosikan produk mitra anda, kemudian pembeli yang tertarik akan membeli produk yang anda promosikan maka untuk setiap produk yang laku terjual sebagai akibat dari promosi yang anda lakukkan, anda akan mendapatkan komisi dengan jumlah tertentu. Rata-rata komisi yang bisa anda terima berkisar 20% hingga 70%. dari harga produk.
Demikanlah beberapa jenis usaha modal kecil yang bisa anda kerjakan dengan mudah dari rumah tanpa harus menyita banyak waktu luang anda. Ada banyak macam usaha modal kecil yang bisa kita lakukan baik secara offline maupun usaha modal kecil secara online. Namun agar artikel ini tidak menjadi terlalu panjang saya cukupkan dengan beberapa contoh diatas saja.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...