Bisnis sampingan Karyawan persiapan pensiun


bisnis sampingan karyawan
Menjadi seorang karyawan dengan gaji besar itu enak, dan anda tidak harus menangung resiko merugi seperti yang mungkin akan dialami oleh pemilik perusahaan tempat anda kerja.  Namun ada resiko yang paling mungkin menimpa seorang karyawan seperti pemecatan, dan pensiun.  Karena itu anda perlu merintis bisnis sampingan sementara anda tetap sebagai karyawan.

Kecuali kalau anda adalah seorang Pegawai Negeri (PNS), sebagai seorang PNS anda akan sulit dipecat dan tetap digaji meskipun telah pensiun.  Namun anda barangkali tidak termasuk orang yang beruntung menjadi PNS, baik karena kurang modal, atau karena terlanjur betah menjadi seorang karyawan swasta. Apalagi untuk anda yang bergaji pas-pasan, anda barangkali termasuk jenis karyawan yang perlu membuka bisnis sampingan, atau usaha kecil-kecilan untuk menambah penghasilan guna meningkatkan anggaran belanja rumah tangga, atau setidaknya merintis sebuah bisnis sampingan untuk persiapan masa pensiun.

Ada beberapa contoh bisnis sampingan yang bisa anda lakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan, sekaligus membangun sebuah bisnis yang kelak bisa anda harapkan sebagai sumber penghasilan lain setelah anda tidak lagi sebagai seorang karyawan.

A. Bisnis sampingan karyawan yang butuh modal relatif besar.


A.1. Usaha Warnet.


Untuk membuka usaha warnet jelas anda butuh ruangan dengan luas yang cukup untuk menampung beberapa buah komputer dan sebuah meja kecil tempat kerja anda. Katakanlah anda mau buka warnet dengan menyediakan 10 buah komputer, maka setidaknya anda perlu ruang dengan ukuan 3x6 meter.

Kalau anda tidak punya ruang sendiri anda harus menyewa tempat, dan artinya anda harus menyiapkan uang untuk biaya sewa. Untuk lokasi strategis misalnya pinggir jalan yang banyak dilalui orang biasanya harga sewa akan jauh lebih mahal, biaya sewa akan lebih murah untuk lokasi yang relatif sepi orang berlalu lalang.

Asumsi biaya untuk beli 10 komputer lengkap kondisi baru adalah Rp.3.500.000,- x 10= Rp.35.000.000,- . Biaya sewa pertahun kira2 RP.5.000.000,-, biaya akses internet kira-kira Rp.1000.000,-/bulan. Biaya listrik kira-kira Rp.300.000,-/bulan. Total biaya awal pendirian usaha warnet anda adalah: Rp.35.000.000,- + Rp.5.000.000,- + Rp.1000.000,- + Rp.300.000,- = Rp.41.300.000,-.

Untuk memperkecil belanja modal anda bisa beli komputer dengan spesifikasi lebih rendah, komputer bekas atau merakit sendiri. Mungkin anda bisa menghemat hingga Rp.10.000.000,-. Tapi sebaiknya pilih komputer dengan sfesifikasi setinggi mungkin agar bisa lebih enak digunakan bermain game online yang sangat disukai orang.

A.2. Buka warung sembako.


Tidak harus lengkap, setidaknya anda bisa buka warung untuk keperluan dapur tetangga anda sehari-hari. Anda bisa jual bahan kebutuhan dapur (beras, gula, minyak sayur, dsb), kebutuhan mandi, keperluan mencuci dll.

Modal yang anda butuhkan setidaknya untuk sewa tempat kalau anda tidak punya tempat sendiri dan untuk beli barang jualan anda.  Tempat yang anda butuhkan relatif kecil kira-kira 3x5 Meter sudah mencukupi. Anda hanya perlu uang modal sekitar Rp.50 jutaan untuk warung standar kebutuhan rumah tangga.

Resiko yang mungkin anda hadapi adalah barang tidak laku dan rusak karena kadaluarsa. Karena itu untuk memperkecil resiko pilih barang yang tidak cepat rusak, baik rusak seperti membusuk, mengering, penurunan kualitas, dsb.

Resiko lainnya adalah harga jual barang menurun lebih rendah dari harga beli anda. Namun faktor penurunan harga ini biasaya bisa diprediksi jauh-jauh hari, jadi anda harus memperhitungkan kemungkinan itu.

2 macam usaha yang saya jelaskan diatas menuntut anda harus mengalokasikan waktu untuk mengelolahnya. Kendalanya anda sekarang berstatus sebagai seorang karyawan, artinya anda tidak mungkin mengurus bisnis anda tersebut. Solusinya adalah anda bisa meminta istri/suami, atau saudara anda melakukannya.

B. Bisnis sampingan karyawan yang tidak butuh modal besar.


B.1. Jualan pulsa.


Anda hanya perlu modal mulai dari Rp.100.000,- untuk bisnis jualan pulsa elektrik, sementara untung yang bisa anda raih berkisar Rp.1000,- hingga Rp.5000,- untuk tiap transaksi. Kalau deposit pulsa Rp.100.000,- bisa anda jual pernominal Rp.10.000,- dengan harga Rp.12.000,-, maka untuk modal Rp.100.000,- anda bisa untung kira-kira Rp.15.000,-.

Untung Rp.15.000,- itu kecil untuk sebuah bisnis, tapi memperoleh keuntungan Rp.15.000,- dari modal Rp.100.000,- itu adalah 15%. Dalam bisnis, keuntungan 15% itu sebuah nilai yang sangat pantas, apalagi untuk bisnis jualan barang yang awet (tidak ada waktu kadaluarsa).

Untuk menjadikan bisnis anda lebih besar lagi anda bisa jual pulsa elektrik dan  juga jual pulsa pisik(voucher pulsa), serta beberapa macam aksesoris ponsel. Ruangan yang anda butuhkan juga tidak perlu luas. Anda hanya butuh ruangan dengan ukuran tidak sampai 2x2 meter untuk meletakkan meja kecil dan beberapa tempat pajangan aksesoris ponsel.

 B.2. Usaha Jasa terkait kendaraan sepeda motor.


Seiring dengan peningkatan drastis populasi sepeda motor kebutuhan akan jasa perawatan sepeda motor juga meningkat. Anda bisa buka usaha ganti oli sepeda motor, jual beli ban sepeda motor, tambal ban, jual aksesoris sepeda motor, dll.

Kalau anda hanya punya modal sedikit anda bisa buka jasa pencucian sepeda motor. Anda tidak butuh banyak modal uang, tidak sampai Rp.10 juta anda sudah bisa mulai buka usaha jasa cuci sepeda motor. Keuntungan yang bisa anda raih cukup menarik, mengingat biaya operasional yang rendah.

B.3. Usaha sampingan online.


Bisnis online kian hari kian menarik karena ia bisa dilakukan oleh siapa saja dan tidak juga memerlukan modal yang besar, sementara bisnis jenis ini bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Namun perlu anda pahami karena bisnis online itu modalnya kecil, untungnya juga relatif kecil untuk anda yang baru memulai. Kebanyakan pebisnis online akan sukses setelah menjalani proses yang panjang.

Jadi kalau anda bermaksud mengandalkan bisnis online sebagai sumber penghasilan, anda harus siap menghadapi kenyataan bahwa sedikit orang yang sukses dalam bisnis online dalam waktu yang singkat.   Untuk sukses bisnis online itu anda harus menjual produk barang atau jasa yang berkualitas dengan harga pantas. Anda juga harus menanamkan kepercayaan orang kepada anda, agar orang tidak ragu-ragu bertransaksi dengan anda.

Kepercayaan dalam bisnis online itu hal yang mutlak karena konsumen tidak selalu akan bisa mengenali anda, jadi peluang tipu-menipu dalam bisnis online itu terbuka lebar. Sekali orang tidak pecaya transaksi dengan anda maka peluang sukses akan tertutup.

Beberapa contoh bisnis sampingan online adalah:

B.3.1. Mengelola blog.

Mengelola blog itu butuh semangat dan keseriuasan, dan untuk sukses menjadikan blog anda sebagai sumber penghasilan online butuh waktu. Anda perlu mendatangkan banyak pengunjung ke blog anda.  Setelah blog anda mendapatkan banyak pengunjung sehari-harinya, barulah anda bisa berpikir untuk mendapatkan uang dari blog anda. Misalnya anda bisa tawarkan orang untuk pasang iklan di blog anda. Anda bisa tawarkan kepada pemasang iklan untuk memasang iklan bayar perbulan, atau iklan bayar per klik, atau iklan affiliasi.

Jadi kalau anda ingin mendapatkan uang dengan mengelola blog maka jangan anda berharap akan segera mendapatkan uang dari blog dalam waktu singkat. Anda bolehlah berharap mendapatkan penghasilan dari blog setelah menjalani proses tahunan. Setelah blog anda berada pada fase tertentu maka mendapatkan uang dari blog tersebut menjadi jauh lebih mudah.

Karena itu mulailah membuat blog dari sekarang, dan kelolahla dengan benar dan tekun agar kelak bisa anda jadikan sumber penghasilan tambahan. Anda bisa mengelolanya di waktu luang anda sepulang kerja sebagai seorang karyawan. Untuk membuat blog silahkan klik membuat blog blogspot.

B.3.2.  Membuka toko online.

Untuk jualan online anda butuh sebuah blog atau website toko online. Blog atau website tersebut adalah tempat anda memajang gambar produk yang mau anda jual.

Anda bisa jual produk fashion, jual barang elektronik, dsb.  Membuat toko online itu tidak harus mahal, bahkan hanya dengan uang Rp.150.000,- saja anda bisa memiliki toko online blogspot sederhana. Contoh toko online sederhana buatan saya adalah www.tokofashiononline.net.

Kalau anda tidak punya modal anda bisa jual produk orang lain.  Bahkan anda tidak harus stok barang, cukup memajang gambar produk di toko online anda. Setelah ada pesanan baru anda beli barang untuk selanjutnya dikirim kepada pemesan.

Kalau anda bisa menjual produk dengan desain yang menarik, berkualitas, dan harga relatif bersahabat maka peluang jualan anda laku terjual besar sekali. Keuntungan yang bisa anda raih relatif besar.

Kendalanya adalah konsumen belum tentu akan percaya beli di toko online anda, karena mereka belum mengetahui reputasi anda. Jadi lakukan segalah cara untuk meyakinkan calon konsumen anda agar mereka merasa aman belanja di toko online anda.

Demkianlah beberapa contoh bisnis sampingan karyawan yang bisa anda petimbangkan untuk dijalani. Artikel ini saya tulis dengan maksud memotivasi anda agar segera bisnis, dan tidak perlu banyak pertimbangan. Bisnis yang anda jalani nantinya tidak harus memberikan anda keuntungan yang membuat anda jadi kaya, bisa jadi anda akan merugi, tapi itulah resiko bisnis.

Ada banyak orang pada akhirnya menjadi kaya setelah membuka usaha sendiri, meskipun tidak sedikit dari mereka yang bangkrut. Yang bisa anda lakukan adalah memperkecil resiko bangkrut, jadi pilihlah bisnis yang memiliki resiko kecil.

Penting untuk dipahami bahwa kalau anda tidak memulai mendirikan usaha sendiri anda tidak akan pernah mencapai kondisi keuangan yang lebih baik dari kondisi anda sekarang.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...