Membuat blog bisnis online


Membuat blog untuk bisnis online adalah salah satu cara strategis dan mudah memulai bisnis online untuk pemula.  Kenapa saya katakan cara mudah ?, karena membuat blog hanya membutuhkan waktu 5 menit.  Bahkan anda bisa memiliki blog gratis, anda tidak harus membayar apapun, dan blog anda akan selalu ada di internet hampir selamanya.

Namun sebelum anda berpikir untuk membuat blog untuk bisnis online terlebih dahulu anda sudah paham benar apa itu bisnis online. Anda perlu memiliki pengetahuan dasar tentang bisnis online agar anda memiliki gambaran yang jelas tentang bisnis online, jangan sampai anda ingin berbisnis online semata-mata karena cerita orang tentang mudahnya mendapatkan uang dengan bisnis online.

Setelah anda memiliki gambaran yang jelas tentang bisnis online silahkan anda mulai membuat blog.

Ada 2 pilihan flatform blog yang bisa anda buat dengan mudah dan gratis, yaitu blog blogger dan blog wordpress.com.  Hanya saja untuk anda yang suatu saat ingin  menjadikan blog anda tampil beda dan agar lebih mendukung bisnis online, maka blog blogspot pilihan terbaik, karena tampilan blog blogspot bisa anda edit semau anda, sementara tampilan blog wordpress.com tidak bisa anda ubah, blog wordpress.com akan tetap tampil seperti saat pertama anda gunakan.

Memilih blog flatform blogspot ini adalah pilihan awal untuk anda yang hendak memulai bisnis online, sementara anda tidak ingin mengeluarkan biaya bulanan.

Selain 2 flatform blog gratis yang saya sebutkan diatas ada pula yang dikenal dengan sebutan blog berbayar bulanan atau dinamakan website. Membuat blog berbayar itu jauh lebih baik karena ia berbayar bulanan maka ia akan benar-benar menjadi milik anda, sedangkan blog blogspot gratisan, karena ia gratis maka anda tidak punya hak penuh atas blog anda.

Untuk blog berbayar anda bisa memilih blog wordpress.org.  Anda bisa ubah tampilan blog berbayar wordpress.org semau anda, tapi tentu saja itu untuk anda yang bisa memahami kode bahasa program komputer.  Mengelola blog wordpress.org mudah, semudah membuat file menggunakan microsoft word.

Untuk membuat blog wordpress.org anda memerlukan nama domain dan jasa hosting yang banyak tersedia di dalam negeri.  Harga nama domain berkisar Rp.90.000,- untuk masa pakai 1 tahun, jadi tiap tahun anda harus memperpanjang hak pakai nama domain anda.  Kemudian biaya jasa hosting dimulai dari Rp.20.000,- per bulan, dengan ketentuan yang ditetapkan oleh penyedia hosting.

Jika anda tidak memperpanjang hak pakai nama domain anda maka blog anda akan tidak tampil di internet, begitupun juga jika anda tidak membayar tagihan jasa hosting.  Tapi anda tidak perlu khawatir lupa membayar, karena penyedia jasa hosting akan memberitahukan anda jika saat anda harus membayar sudah tiba.

Barangkali sampai disini anda bingung yang mana harus anda pilih untuk bisnis online, membuat blog blogspot yang gratis atau membuat website atau blog berbayar wordpress.org.

Untuk anda yang ingin serba mudah dan gratis saya sarankan buat blog blogspot. Namun untuk anda yang ingin serius membangun bisnis online sebaiknya memulai buat website atau blog berbayar wordpress.org. Anda memang akan keluar uang sekitar Rp. 350.000 setiap tahun untuk beli nama domain dan sewa hosting, tapi itu cara yang tepat untuk membuat bisnis anda menjadi besar, sehingga suatu saat kelak bisa anda andalkan sebagai sumber penghasilan dari internet.

Bagaimana cara membuat blog blogspot dan bagaimana pula cara buat blog berbayar wordpress.org. Untuk membuat blog blogspot silahkan klik cara membuat blog gratis. Untuk buat blog berbayar bulanan atau website anda bisa baca cara membuat website sendiri.

Tidak cukup hanya sekedar buat blog atau website, anda harus mengelolanya dengan benar dan terarah agar bisa diandalkan untuk cari uang di internet. Saya menyediakan website khusus yang berisi materi belajar bisnis online untuk pemula dari awal sampai mahir. Silahkan klik belajar bisnis online untuk mengunjungi website tersebut dan mendaftar gratis.

Untuk daftar Anda bisa juga menghubungi saya email ke abdulmajid258@yahoo.com.