Advertisement here

Cara Memulai Usaha - Sebuah Panduan 10 Langkah

 Hello sobat Netpreneur

Jika kamu sampai pada halaman ini, mungkin artinya kamu serius ingin menjadi pebisnis atau entrepreneur dan memulai usahamu sendiri? Usaha yang memungkinkan kamu untuk menghasilkan uang sambil melakukan apa yang kamu sukai. 

Disini kami akan jabarkan beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan pahami sebelum pada akhirnya berani terjun untuk memulai usahamu sendiri.

Image source: freepik.com


1. Siapkan mental dan tekad yang kuat 

Memiliki bisnis atau usaha sendiri bukanlah hal yang mudah. Banyak masalah dan tantangan yang dihadapi dalam kesehariannya. Belum lagi faktor resiko; resiko kehilangan klien, resiko keterlambatan ketersediaan pasokan, dan banyak lagi lainnya. Sebelum melangkah lebih jauh, tanya sendiri kepada diri anda, siapkah anda dengan segala ketidakpastian yang akan terjadi di depan? 

2. Tanamkan pola pikir bahwa "Bisnis saya ini akan berhasil dan harus berhasil"

Pola pikir positif atau "positive mindset" harus dibiasakan sebelum kamu memulai bisnis sendiri. Ini penting karena dunia bisnis adalah dunia yang penuh dengan ketidakpastian. Berbeda dengan dunia korporat atau kerja kantoran dimana ada jam masuk dan jam pulang kantor, ada jadwal pengiriman gaji, serta ada jatah cuti untuk pegawai. Dalam dunia bisnis semua serba tidak pasti, apa yang berhasil di hari ini belum tentu berhasil untuk hari esok. Dengan pola pikir positif, kita akan terbiasa untuk selalu optimis setiapkali timbul masalah yang harus diselesaikan. 

Image source: biography.com

Salah satu kata-kata populer dari seorang pebisnis kelas dunia bernama Warren Buffet adalah "I always knew i was going to be rich. I don't think i ever doubted it for a minute" atau jika diterjemahkan "Aku selalu tahu bahwa aku akan menjadi kaya. Aku tidak pernah meragukannya barang semenit-pun". Ini salah satu contoh positive mindset, yang pada akhirnya kita sama-sama tahu bahwa Warren Buffet saat ini berada di peringkat 6 orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih senilai 96 Milyar USD.

 3. Mulai dari sesuatu yang kamu sukai 

Sebagian besar pengusaha sukses memulai dengan melakukan sesuatu yang mereka sukai. Menjadi seorang pengusaha berarti kamu harus siap turun langsung ke lapangan, berani bekerja dengan mengerahkan segala kecerdasanmu, jaringan pertemananmu, dan juga bakatmu. 

Wulan, 36 tahun, mengaku memulai bisnis kuenya karena hobinya memasak. Ia merasa senang setiapkali teman atau saudaranya memuji masakannya dan bertanya akan berbagai hal terkait masakan kepadanya. Begitupun dengan Adi, 28 tahun, pria asal Jogjakarta ini mengaku berani memulai usaha bengkel motornya karena hobinya utak atik mesin sejak ia masih di bangku SMP. 

Jika kita menyukai sesuatu, maka besar kemungkinannya kita selalu semangat untuk mencari tahu hal baru mengenai hal itu. Seperti Wulan, yang selalu mencari cara untuk menajamkan citarasa dalam setiap makanan yang dijualnya dengan selalu ber-eksperimen. Rubah komposisi penggunaan bumbu, gonta ganti bahan dasar, bahkan cara memasak. 

4. Eksplorasi ide-ide segar dan baru

Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu ide bisnis apa dieksekusi. Jika kamu tidak tahu hal apa yang kamu sukai seperti yang tercantum pada poin 3, kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak wirausahawan sukses yang bahkan tidak memiliki ide bisnis saat mereka memulai. Kuncinya adalah berpikir besar atau thinking big, tetapi mulailah dari yang kecil dan konservatif. Minimalisir resiko.  Meskipun ambisius itu baik, namun jauh lebih baik memiliki ide bisnis yang lebih masuk akal dan mudah di eksekusi. 

5. Cari partner bisnis 

Begitu kamu memiliki ide, carilah partner yang bisa bekerja bersamamu. Meski tidak wajib, namun langkah ini disarankan karena seringkali menjalankan bisnis berdua atau bertiga terasa lebih ringan daripada harus melaluinya seorang diri. 

Beberapa perusahaan unicorn dan decacorn di Indonesia-pun lahir dari tangan beberapa pendiri, tidak hanya seorang diri saja. Kita ambil contoh saja Gojek. Walaupun Nadiem Makarim selalu muncul sebagai nama yang dikenal sebagai pendiri Gojek, ada nama Kevin Aluwi dan Michaelangelo Moran juga sebenarnya yang turut membangun Gojek bersama Nadiem. 

6. Tetapkan visi dari usahamu

Memiliki visi sangat penting karena dengan visi kamu jadi paham untuk apa bisnis atau usaha ini kamu dirikan dan kembangkan. Kamu harus paham betapa pentingnya visi ini dirumuskan karena bisnismu tidak akan berhasil jika tidak memiliki tujuan. Tanpa tujuan yang jelas, kamu akan mudah teralihkan oleh banyak ide yang pada akhirnya akan membuatmu kehilangan fokus dan pada akhirnya kehilangan uang. 

Salah satu contoh visi perusahaan yang menarik adalah milik Microsoft, salah satu merek pembuat perangkat lunak komputer bernama Windows, yang saat ini terpasang di hampir semua komputer di dunia. Visi dari perusahaan mereka adalah "A computer on every desk in every home" atau artinya "Komputer di setiap meja dan di semua rumah". Menarik bukan?

7. Siapkan uang yang cukup untuk modal awal

Image source: freepik.com

Memulai usaha sendiri tentunya memerlukan modal awal agar usaha bisa berjalan. Hitung dengan cermat segala hal yang sekiranya akan diperlukan untuk keberlangsungan usahamu. Perhitungan yang kurang cermat akan mengakibatkan arus kas menjadi tidak lancar, dan pertumbuhan bisnismu akan terhambat. 

Contoh perhitungan modal awal untuk usaha jualan jeruk peras kurang lebih sebagai berikut:

- Sewa garasi Pak Amin 1 bulan Rp 100,000 

- Gaji pegawai 1 bulan Rp 1,200,000

- Pembelian bahan pokok jeruk per 3 hari Rp 300,000

- Pembelian alat peras jeruk 1 buah Rp 450,000

- Pembelian gerobak dan alat-alat jualan Rp 2,500,000

Sehingga jika dijumlahkan total modal yang diperlukan di awal adalah Rp 4,550,000

8. Tentukan anggaran dan catat pembukuan dengan rapi dan sistematis

Anggaran atau budgeting adalah poin penting dalam mendirikan usaha sendiri. Kembali ke poin 7 tentang permodalan, penentuan anggaran ini bertujuan agar modal awal yang sudah disediakan bisa mencukupi untuk menjalankan operasional usaha kamu sampai waktu tertentu. 

Tanpa penentuan anggaran yang tepat dan cermat, modal awal yang sudah kita siapkan di awal biasanya jadi melenceng penggunaannya karena tidak adanya koridor-koridor tentang jumlah pemakaian dan peruntukannya.

Misalnya kembali ke contoh jualan jeruk peras di atas. Biasanya dalam setiap usaha baru, kita menyediakan promo-promo untuk menarik minat pembeli. Anggaran untuk promo ini juga tetap harus dicatat dengan cermat agar tidak kebablasan. 

Contohnya setelah dihitung-hitung modal dasar, harga per gelas jeruk peras akan dijual di harga Rp 15,000. Kita harus memastikan Rp 15,000 ini jika sudah dipotong dengan promo, tetap menghasilkan keuntungan yang cukup untuk 

9. Belajar atur waktu dan menetapkan prioritas

Waktu kadang menjadi salah satu elemen yang seringkali disepelekan oleh banyak pebisnis. Padahal ada pepatah yang mengatakan “Time is money” atau “Waktu adalah uang”. Tapi seringkali karena fleksibilitas yang tersedia kita jadi cenderung lebih banyak membuang-buang waktu daripada memanfaatkan waktu dengan produktif. 

Belajar mengatur waktu atau time management menjadi salah satu kunci untuk kesuksesan bisnismu. Belajarlah dari sekarang.

10. Asah ketekunan karena ketekunan adalah kunci dari berhasilnya sebuah bisnis

Salah satu kesamaan terpenting yang dimiliki semua pengusaha sukses adalah ketekunan. Ketekunan artinya kamu tetap melangkah maju terlepas dari hambatan dan tantangan yang sedang menghadangmu. Ketekunan, kegigihan dan tidak mudah menyerah adalah hal-hal yang harus diasah dan dibiasakan jika kamu ingin bisnis kamu sukses dan maju. 

10 hal ini hanyalah beberapa hal yang perlu diketahui untuk memulai usaha sendiri. Menjadi wirausahawan memang tidak mudah. Membutuhkan kerja keras, dedikasi, dan terkadang, keberuntungan. Jika kamu ingin menjadi seorang pengusaha, pastikan bahwa kamu siap dan bersedia untuk berusaha. 

Kalau ada langkah lain yang harus disiapkan dan belum tercantum disini silahkan sampaikan di kolom komen ya. Terima kasih sudah membaca.




Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here